Dell Inc.

Dell mempunyai sejarah panjang bersama dengan IBM, karena kebanyakan perangkat yang dikerjakan oleh Dell berhubungan dengan produk IBM. Dell berada di Round Rock, Texas, Amerika Serikat, dan merupakan perusahaan besar dalam dunia perangkat komputer. Dell pernah menduduki peringkat pertama dalam hal Perusahaan Paling Dibanggakan versi majalah Fortune. Nama Dell sendiri, tidak bisa dipisahkan dengan Michael Dell, mahasiswa University of Texas, Austin yang pada tahun 1984 mendirikan sebuah perusahaan dengan modal awal $1000 dengan nama PC’s Limited. Serius dengan bisnis di dunia komputer, Michael Dell berhenti dari sekolah agar lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Logo Dell Inc
Dell Inc

Dell mengawali debutnya dengan memproduksi Turbo PC, komputer pertama Dell. Komputer pertama Dell ini menggunakan prosesor Intel 8088-compatible dan berjalan pada kecepatan 8 Mhz, sangat jauh jika dibandingkan dengan komputer modern saat ini. Tahun 1988 merupakan tahun yang penting bagi PC’s Limited, perusahaan ini resmi berganti nama menjadi Dell Computer Corporation. Sementara itu pada tahun 1992, Majalah Fortune memberitakan bahwa Dell masuk dalam kategori 500 Perusahaan Besar Dunia.

Dell juga berusaha untuk menciptakan produk-produk multimedia dengan membuat produk televisi, handhelds, dan pemutar suara digital pada Maret 2002. Tidak hanya sampai di situ, Dell juga membuat printer Dell untuk pengguna rumahan dan kantor-kantor skala kecil. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada 16 Juli 2004, Michael Dell mengundurkan diri sebagai CEO, walaupun berhenti menjadi CEO tetapi ia tetap memiliki jabatan strategis di perusahaan ini yaitu sebagai Ketua Dewan Komisaris. Saat itu penggantinya sebagai CEO adalah Kevin Rollins.

Pada tanggal 22 Maret 2006, Dell membeli Alienware, sebagai sebuah perusahaan yang juga bergerak dalam dunia perangkat keras komputer yang lebih konsisten membuat perangkat-perangkat keras berperforma tinggi. Alienware tetap diizinkan beroperasi secara independen dengan manajemen yang sudah ada, tetapi tetap berada di bawah naungan Dell Inc. Bergabungnya dua perusahaan besar komputer ini diharapkan dapat menciptakan produk yang benar-benar baik bagi penggunanya.

Pada September 2006 sebuah komputer desktop Dell, bernama Dell Dimension mulai menggunakan prosesor AMD Opteron, yang sebelumnya hanya menggunakan prosesor Intel. Dan pada bulan ini Dell juga mengenalkan kepada publik dua komputer server barunya yang berbasiskan AMD, yang diberi nama PowerEdge 6950 dan PowerEdge SC1435. Ini adalah langkah awal Dell memasukkan prosesor AMD dalam perangkat server di jajaran produknya.

Awal tahun 2007, tepatnya pada tanggal 31 Januari 2007, Michael Dell kembali menjadi CEO, dan mengganti jabatan-jabatan penting dalam perusahaan dan masuknya orang-orang baru dalam jajaran Dell Inc. Orang-orang yang meninggalkan perusahaan seperti, Kevin Rollins, James Schneider, John Medica, Joe Marengi, John Hamlin, Paul McKinnon, Rosenda Parra dan Glenn E. Neland. Sementara itu orang-orang baru yang menduduki jabatan strategis perusahaan selain Michael Dell terdapat Don Carty, Michael R. Cannon, Ron Garriques, dan Stephen F. Schuckenbrock.

Pada 5 Februari 2013 Dell Inc memutuskan untuk kembali menjadi perusahaan swasta, dengan cara membeli kembali melalui pembelian terutang senilai $24,4 miliar, sehingga mengeluarkan perusahaan dari NASDAQ dan Bursa Saham Hong Kong, hingga saham-sahamnya kini tidak lagi diperdagangkan di bursa saham. Upaya ini adalah upaya dari Michael Dell dan Silver Lake Partners, dan juga dibantu pinjaman dari Microsoft sebesar $2 miliar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksistensi Diri

Mohammad Hatta

OPPO Electronic Corp, Ltd