Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah suatu model yang digunakan untuk mengatur pencapaian tujuan kurikulum dan memberi petunjuk kepada guru mengenai langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan. Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih umum dan filosofis, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatar belakangi metode pembelajaran dengan teori-teori atau teknik tertentu dengan maksud mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya. Pendekatan pembelajaran merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Tiap pendekatan pembelajaran tersebut mempunyai karakteristik tertentu, dan setiap pendekatan pembelajaran tentu akan berbeda antara satu kegiatan pembelajaran dengan kegiatan pembelajaran yang lainnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan fungsi dari pendekatan pembelajaran itu sendiri. Pendekatan pembelajaran tentu tidak statis, sifatnya dapat saja dinamis namun tetap harus sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Memilih pendekatan pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan materi ajar yang dituangkan dalam perencanaan pembelajaran, juga harus disesuaikan dengan karakteristik kelas.

Pembelajaran
Ilustrasi Proses Belajar








Menurut Sagala (2011) pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu. Pendekatan pembelajaran sebagai penjelas untuk mempermudah guru memberikan pelajaran agar siswa lebih mudah dalam memahami materi ajar yang disampaikan guru dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pribadi (2010) menyatakan pendekatan pembelajaran dapat diartikan juga sebagai prosedur yang digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Istilah pendekatan dapat diartikan sebagai sebuah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan sebenarnya masih sangat umum, jika merujuk pandangan kita mengenai sebuah proses. Jika dikaitkan dengan proses pendidikan, maka pendekatan pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi direct instruction (pembelajaran langsung), atau bisa juga disebut dengan pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan jenis kedua, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa lebih ke arah strategi pembelajaran inkuiri dan discoveri serta pembelajaran induktif.

Seorang guru tidak boleh menyepelekan pendekatan pembelajaran ini, karena pada dasarnya pendekatan pembelajaran adalah merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran yang tepat, yang akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi benar-benar efektif dan efisien.

Referensi:

  • Abdullah, Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa, Jurnal Edureligia, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017.
  • Fauza Djalal, Optimalisasi Pembelajaran melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran, Jurnal Sablilarrasyad, Volume II, Nomor 01, Januari-Juni 2017.
  • Putri Fadilla, Dewi Koryati, dan Djumadiono, Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scafolding terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang, Jurnal Profit, Volume 1, Nomor 01, Mei 2014.
  • Ukti Lutvaidah, Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika, Jurnal Formatif Volume 5, Nomor 3, 2015.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksistensi Diri

Mohammad Hatta

OPPO Electronic Corp, Ltd