Alienware

Alienware adalah anak perusahaan besar di bidang teknologi komputer, Dell. Alienware fokus pada pengembangan perangkat komputer dengan performa tinggi khusus untuk permainan atau gaming PC. Alienware didirikan pada tahun 1996 oleh Nelson Gonzalez dan Alex Aguila, perusahaan ini menitikberatkan pada perakitan dekstop, notebook dan workstation. Nama-nama produk Alienware memiliki tema alien, seperti Area-51, Hangar 18 dan Aurora. Sebenarnya sudah sejak lama Dell memiliki ambisi untuk mengakuisisi Alienware, tetapi hal ini baru dapat terealisasi pada tanggal 22 Maret 2006. Markas besar perusahaan ini ada di Hammock, Miami-Dade Country, Florida.

Logo Alienware
Logo Alienware
Sebagai perusahaan yang memang sejak awal sudah bergerak dalam dunia komputasi, Dell tetap memberikan wewenang kepada Alienware dalam melakukan pemasaran produk dan desain-desain perangkat yang berada di bawah wewenang Alienware. Dengan diakuisisinya Alienware oleh Dell, maka biaya operasional Alienware bisa semakin ditekan karena ditopang oleh perusahaan besar.

Tidak hanya perangkat komuter, Alienware juga membuat gaming peripheral komputer, seperti headset, mouse, keyboard dan monitor yang memiliki kualitas baik dengan tema gaming. Perangkat-perangkat yang dibuat oleh Alienware memiliki kekhasan tema alien, dan memiliki lampu-lampu yang menyala yang pada masa awal-awal adalah sesuatu hal yang jarang terdapat dalam sebuah perangkat komputer.

XPS adalah produk Dell yang pada akhirnya harus di scale down, karena memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Alienware. Dell khawatir kedua produk ini bisa saling menjatuhkan di pasaran. Pada 2 Juni 2009, Alienware meluncurkan produk Alienware M17X, dan ini sekaligus menjadi produk pertama Alienware yang bermerek Dell. Sampai dengan saat ini, lini game serius dari Dell dipegang oleh divisi Alienware.

Kemampuan Alienware yang dapat mengemas produk komputer bertenaga dengan ukuran yang kecil membuat banyak gamer yang memiliki mobilitas tinggi mempertimbangkan untuk dapat memiliki produk ini. Alienware menjadi icon tersendiri dalam dunia komputer gaming. Distribusi global Alienware juga sudah masuk ke banyak negara, walaupun produk Alienware masih terkesan tidak mudah ditemukan di pasaran, karena target penjualannya sendiri bukanlah kebanyakan pengguna komputer. Pengguna komputer antusias, dan yang memiliki kemampuan finansial yang baik dalam membeli perangkat komputer adalah dua pilar utama dalam penjualan Dell Alienware. Pada tanggal 4 Desember 2009, Alienware resmi masuk dan diluncurkan di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksistensi Diri

Mohammad Hatta

OPPO Electronic Corp, Ltd